Pada hakikatnya setiap orang memiliki potensi sebagai konsumen dan sebagai seorang konsumen cerdas kita wajib memahami apa yang dimaksud dengan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen. Kebutuhanlah yang memungkinkan mengkonsumsi sesuatu dan karena itulah alasan mengapa kita membeli sesuatu yang kita merasa butuhkan.
Setiap orang adalah konsumen bagi orang lain dan oleh karenanya kita harus selalu cerdas dalam menentukan apa yang akan kita beli. Untuk menjadi konsumen cerdas tentu ada semacam kiat-kiat yang seharusnya dipenuhi karena setiap konsumen hak dan kewajibannya dilindungi oleh Undang-undang yang berlaku di negara ini. Ketelitian dalam membeli suatu barang merupakan salah contoh riil yang mestinya diperhatikan oleh setiap konsumen cerdas.

Konsep dan yang melatar belakangi program Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen serta mengapa konsumen dituntut untuk lebih cerdas dalam memilih sebuah produk salah satunya adalah penemuan produk tidak layak edar dan konsumsi yang mencapai angka 621 kasus pada tahun 2012 yang berhasil ditemukan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka tersebut bisa dikatakan mengalami kenaikan yang cukup signifikan karena pada tahun 2011 Kementrian Perdagangan hanya menemukan sebanyak 28 kasus.
Dengan mengacu pada data statistik tersebut tentu saja perlindungan konsumen harus menjadi sebuah perhatian yang serius mengingat besarnya potensi konsumsi Indonesia, meskipun demikian namun pada kenyataannya permasalahan tersebut belum didukung dengan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya secara menyeluruh. Untuk itulah mengapa program ini dijadikan salah satu langkah pro-aktif dalam memberikan edukasi serta pembelajaran untuk bisa mewujudkan suatu konsep pemahaman konsumen yang cerdas. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang konsumen yang cerdas?. Ada beberapa tips dan cara-cara jitu yang bisa Anda lakukan saat membeli. Misalnya adalah dengan meningkatkan kewaspadaan, ketelitian dan memperhatikan bentuk fisik suatu barang pada saat hendak dibeli. Memperhatikan bentuk label, bentuk kemasan yang masih utuh atau tersegel dengan baik, tanggal kadaluarsa, harga yang ditawarkan dan barang tersebut hendaknya memenuhi standar mutu Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3L).
Dengan mengacu pada data statistik tersebut tentu saja perlindungan konsumen harus menjadi sebuah perhatian yang serius mengingat besarnya potensi konsumsi Indonesia, meskipun demikian namun pada kenyataannya permasalahan tersebut belum didukung dengan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya secara menyeluruh. Untuk itulah mengapa program ini dijadikan salah satu langkah pro-aktif dalam memberikan edukasi serta pembelajaran untuk bisa mewujudkan suatu konsep pemahaman konsumen yang cerdas. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang konsumen yang cerdas?. Ada beberapa tips dan cara-cara jitu yang bisa Anda lakukan saat membeli. Misalnya adalah dengan meningkatkan kewaspadaan, ketelitian dan memperhatikan bentuk fisik suatu barang pada saat hendak dibeli. Memperhatikan bentuk label, bentuk kemasan yang masih utuh atau tersegel dengan baik, tanggal kadaluarsa, harga yang ditawarkan dan barang tersebut hendaknya memenuhi standar mutu Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3L).

Konsumen yang bijak dan cerdas tentunya akan lebih mencintai dan memilih produk-produk dalam negeri yang berimbas pada kemajuan serta produktifitas sektor produk-produk lokal. Indonesia adalah negara yang kaya akan beragam produk-produk berkualitas baik produk yang berasal dari pabrik-pabrik pengolahan dalam negeri maupun yang berasal dari produksi rumah tangga. Dengan bersinergi bersama dan menciptakan hubungan yang harmonis antara konsumen dan produsen, maka tentu secara langsung maupun tidak langsung akan menekan laju impor yang berefek terhadap pemberdayaan produk-produk lokal, yang pada akhirnya akan mengerucut kepada peningkatan ekspor ke luar negeri.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen merupakan salah satu upaya yang kini tengah digalakkan pemerintah dalam rangka memberikan gambaran serta pembelajaran bagi konsumen cerdas bahwasanya setiap konsumen sesungguhnya dilindungi hak-haknya oleh negara serta memiliki hak untuk melakukan akses atau pun pengaduan kepada lembaga perlindungan konsumen apabila hak-haknya tidak terpenuhi. Dengan memahami dengan baik konsep ini tentunya setiap konsumen cerdas akan mampu melindungi dirinya sendiri, terlebih lagi bisa membangunkan kesadaran yang dibutuhkan ini untuk masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas.
Konsumen cerdas, kritis serta bijak maka secara langsung ataupun tidak langsung akan menghasilkan imbas yang positif, yaitu berkontribusi secara aktif untuk pemerintah dalam rangka memberikan pengawasan terhadap produk-produk yang dipasarkan ke masyarakat. Apabila mendapati sebuah produk yang dirasa tidak layak karena tidak sesuai dengan standar yang berlaku, maka sudah selayaknya setiap konsumen menggunakan haknya untuk segera melaporkannya pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Untuk itulah mengapa menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen merupakan sebuah program dan informasi yang perlu direalisasikan dan disebar luaskan kepada masyarakat.
Salah satu referensi gadget yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan Anda seorang konsumen cerdas adalah iconia pc tablet dengan windows 8.
Salah satu referensi gadget yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan Anda seorang konsumen cerdas adalah iconia pc tablet dengan windows 8.

1 komentar:
bermanfaat sekali untuk dibaca
tolak angin bebas gula
Posting Komentar